LAVENDER ~Lavandula angustifolia, L. officinalis, L. vera~

lavender_t

Sinonim : Lavendula, garden lavender, common lavender

Pendahuluan

Lavender merupakan kombinasi atau gabungan antara “kecantikan dan fungsi”, aroma yang lembut dengan kegunaan terapi yang luar biasa, ditambah dengan keamanan yang sudah terbukti. Bunga yang dikeringkan serta minyaknya mempunyai keharuman yang sangat menyegarkan, Di banyak negara barat, minyak lavender diletakkan dalam P3K di rumah.

Bagian yang dipergunakan : bunga.

Zat aktif dalam bunga

Minyak lavender (lavender essential oil), tanin, flavonoids, phytosterol, cumarin.

Kegunaan dalam medis

Baik minyak maupun bunga keringnya digunakan sebagai analgesik, antidepresant, antipasmodik, antiseptik, sedative, dan dikatakan dapat mencegah “masuk angin”. Minyak lavender juga dapat “menyejukkan” susunan saraf pusat.

~Ansietas, nyeri kepala, dan iritabilitas

Kombinasi aktivitas anti depresan dan sedatif ringan dari lavender dapt mengatasi reaksi cemas atau over aktivitas. Kemampuan lavender untuk menenangkan aktivitas yang berlebih dari saraf dan nyeri kepala karena stres dan migren sudah banyak dibuktikan secara empiris. Lavender dapat digunakan sebagai tranquilizer, mengurangi serangan kejang-kejang, dan memperbaiki mood atau suasana hati. Gabungan lavender dengan rosemary (Rosmarinus officinalis) ternyata baik untuk mengurangi kelelahan sistem saraf serta memperbaiki sirkulasi yang lemah.

~Gangguan tidur

Lavender dapat membperbaiki kualitas tidur seseorang. Penggunaannya dapat dengan meneteskan beberapa tetes minyak lavender pada pemanas, minyak untuk pijat, bvantal yang berisi bunga kering, atau tinctura lavender yang diminum 1 sendok the sebelum tidur. Dapat pula dikombinasi dengan obat-obat herbal lain seperti Passion flower (Passiflora incarnata) dan balsam lemon (Melissa officinalis). Harus diperhatikan bahwa minyak lavender yang dioleskan pada kulit orang yang sesintif dapat menyebabkan dermatitis kontak.

~Pengobatan nyeri dan relaksasi

Minyak lavender dapat dioleskan pada kulit untuk mengurangi rasa nyeri, misalnya pada herpes, rematik sendi, gigi yang nyeri dengan pipi yang bengkak, pada dahi dan temporal penderita migren, dan pada perut bagian bawah wanita yang dismenore (nyeri pada waktu haid). Pada penderita dengan nyeri telinga dapat diberikan beberapa tetes minyak lavender dengan menggunakan kapas atau kain katun yang dimasukkan ke dalam liang telinga. Tinctura lavender atau the lavender mempunyai efek sistemik untuk mengurangi ketegangan atau nyeri otot dan pada dismenore.

~Masalah pencernaan

Lavender mempunyai nilai spesifik apabila distress emosi menjadi penyebab kelainan pencernaan, seperti kembung, sering sendawa, perut berbunyi, dan irritable bowel syndrome. Tanin pada lavender dapat menstimulasi sekresi cairan empedu. Dapat dikombinasi dengan obat herbal pencernaan lainnya.

~Penggunaan lainnya

Di Perancis, lavender digunakan secara luas untuk pengobatan kelainan pernafasan seperti flu, batuk, whooping cough, asma, dan bronkhitis.

Aktivitas antipasmodik dan antiseptik dapat dikombinasikan dengan obat herbal lain seperti Tymus vulgaris dan Inula helenium. Bunganya yang dikombinasikan dengan liqourice (Glycyrrhiza glabra) dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi nyeri, mengobati sariawan dan radanag tenggorokan.

Lavender yang diseduh (Lavender tea) atau tinctura-nya sering digunakan sebagai tonikum untuk anak-anak yang lemah.

Karena rasa dan baunya yang harum, levender dapat juga dilarutkan dalam jus blackcurrent atau jus apel.

Cara penggunaan

Sebagai teh : Tuangkan 1 cangkir (cup) air mendidih pada 1 sendok teh bunga lavender, diamkan 5 – 10 menit, lalu saring. Dapat ditambahkan madu sebagai pemanis (kecuali pada penderita DM). Minumlah 1 – 2 cangkir sebelum tidur.

Sebagai teh yang menyejukkan saluran pernafasan : Campurkan 1 sendok teh bunga lavender dengan 1 sendok teh pepermint, tambahkan 1 cangkir air mendidih, diamkan 5 – 10 menit lalu saring. Campurlah dengan madu, minum 3 cangkir sehari.

Minyak lavender. Cabutlah bunga lavender kering dari 1 tangkainya, masukkan ke dlam botol yang bertutup dan campur dengan 1 cangkir olive oil (minyak zaitun). Tutup botol tersebut dan diamkan selama 3 hari di tempat yang panas atau dijemur di bawah sinar matahari. Kemudian saring minyaknya dan peras sisa bunganya, simpanlah dalam botol yang tertutup.

Untuk mandi : Campurkan bunga lavender secukupnya dalam 1 ember air panas, diamkan selama 10 menit, lalu campurkan air tersebut ke dalam bak mandi.

Nah, bagi anda yang sulit tidur, mungkin dapat menggunakan lavender sebagai “obat tidur” lalu dilanjutkan dengan mimpi yang indah.^^

Dikutip dari Forum Komunikasi Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha

Leave a response and help improve reader response. All your responses matter, so say whatever you want. But please refrain from spamming and shameless plugs, as well as excessive use of vulgar language.

Leave a comment